PERANCIS merupakan negara favorit keempat di dunia untuk mengenyam pendidikan tinggi. Di negara Eropa ini, ada sekira 300.000 mahasiswa asing. Secara umum, biaya pendidikan di Prancis relatif rendah. Namun sistem pendidikan tinggi di Prancis bisa membingungkan.

Bagaimana sesungguhnya kondisi pendidikan tinggi di Prancis? Bagi kamu yang ingin kuliah di Prancis, berikut tipsnya seperti dikutip dari The Local, Senin (13/2/2012).

Mendaftar ke Universitas dan Mendapatkan Visa

Prancis memiliki tradisi intelektual yang kuat. Ada berbagai pilihan bagi pelajar internasional yang ingin menempuh pendidikan di Prancis. Bagaimana memilih program kuliah di universitas tergantung negara kamu berasal.

Pelajar dari negara anggota Uni Eropa tidak akan membutuhkan visa untuk kuliah. Mereka dapat mendaftar langsung ke perguruan tinggi pilihan. Berbeda dengan pelajar atau mahasiswa dari negara di luar Uni Eropa, seperti Indonesia. Dibutuhkan visa pelajar jika ingin kuliah di Prancis. Visa bisa didapat di konsulat Perancis atau melalui situs Campus France.

Campus France adalah situs yang dijalankan oleh pemerintah Prancis untuk membantu pelajar atau mahasiswa yang ingin melamar ke perguruan tinggi pilihan. Bantuan yang diberikan mulai dari cara memilih perguruan tinggi hingga proses visa.

Baru-baru ini, Prancis menyederhanakan proses mengajukan permohonan Carte de Sejour atau ijin tinggal untuk warga non Uni Eropa. Keuntungannya, selama tahun pertama kuliah, kamu hanya perlu menunjukkan visa sebagai bukti status tempat tinggal.

Namun, kamu tetap harus mendaftar di kantor imigrasi selama 30 hari pascakedatangan di Prancis dan melakukan pemeriksaan medis agar visa bisa divalidasi. Pada tahun kedua dan seterusnya, kamu hanya perlu mengajukan permohonan Carte de Séjour.

Kemampuan Bahasa

Banyak universitas yang menawarkan program kuliah bilingual (dua bahasa) atau program kuliah yang sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris. Namun, jika ingin mendaftar kuliah yang diajarkan dalam bahasa Prancis, kamu harus memiliki kemampuan bahasa Prancis dengan level intermediate.

Banyak universitas yang mensyaratkan sertifikat Diplôme d’Études en Langue Française untuk level B2 (intermediate) atau terkadang sertifikat Diplôme Approfondi de Langue Française (DALF) untuk level C1 (lanjutan). Informasi lebih lanjut bisa kamu lihat di situs CIEP.(rh)

dikutip dari: “http://kampus.okezone.com/read/2012/02/13/373/574676/bagaimana-mendaftar-kuliah-ke-prancis”